src="https://ajax.googlelapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js"type="text/javascript">

Monday, June 18, 2007

Menjadi mama dalam seminggu....

Ihh...mama cerewet dehh...
Mama ga pengertian....
Mama....maaaauu...tau aja dehhh....!!
Hiks...hampir semua anak mama pernah ngucapin itu..termasuk aku!
En sebelas hari ini...ketika mama musti ngerawat bapak yang diopname di rumah sakit..aku jadi mengerti betapa tidak adilnya kami (anak2nya) terhadap mama.
Walo sejak kecil aku udah terbiasa mengemban tugas sebagai asisten pribadi mama. Bertanggung jawab soal keuangan, kebersihan rumah, plus konsumsi untuk tuan2 raja diraja laki2 yang mendominasi isi rumah....tapi...aku belum bisa memahami bagaimana seharusnya jiwa seorang mama. Selalu menyalah artikan kecerewetan beliau kepada anak2nya.
Mamaku adalah wanita super...beliau bisa melakukan segala sesuatu sendiri. Mulai menjadi koki...guru...tukang bangunan...arsitek....sampai menjadi dokter en suster dadakan disaat salah satu orang tercintanya sakit.
Mungkin kami terbiasa manja dan tergantung sama mama. Kami jadi tidak menyadari bahwa mama juga manusia biasa...bukan malaikat ataupun robot. Dan saat mama tidak ada...saat itulah kami (especially me) menyadari tanpa mama...kita seperti anak ayam yang kehilangan induknya.
Tapi pada saat itu jugalah...semua hasil didikan mama ke aku jadi kelihatan. Hehe...aku yang cuek en sembarangan jadi pengatur nomor satu. Cerewet puolll...!! Emang bener klo buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya ya...?
En saat itulah...semua gumaman2 diatas beralih ke aku.
Aku baru menyadari bagaimana menjadi wanita sesungguhnya. Mulai dari inspeksi pagi hari...menggedor-gedor kamar yang belum ada tanda2 kehidupan buat sholat subuh...mengerjakan semua pekerjaan rumah...memasak...sampe merelakan jatah makan demi yang lain. Semua dilakukan dengan ikhlas...
Ketika protes bermunculan...hati harus tetap sabar(nih dia yang sulit...). Ga boleh ada kebencian apalagi sampe mogok kerja...
Puihhh...bener2 menjadi seorang mama sungguh berat.
Karena itu...pemberitahuan buat kaum adam nih...andaikata kalian mempunyai mama, adik, kakak atau bahkan istri yang cerewet...jangan pernah protes. Ketahuilah....(halah...bahasane..) mereka berbuat begitu karena rasa sayangnya kepada kalian. Karena mereka ingin orang2 tersayangnya mendapat dan menjadi yang terbaik. Sungguh...tak pernah ada rasa kebencian di hati kami. Percayalah....!!!(Weeekss...)
Mama...I luv u...

No comments: