src="https://ajax.googlelapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js"type="text/javascript">

Saturday, September 01, 2007

Pantaskah Aku mengeluh...??

Whehehe...judulnya sengaja aku sadur dari judul bukunya Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata.Bukannya mo jadi plagiat. Tapi perasaan itu juga aku rasakan pagi ini.
Kemarin adalah hari yang bener2 capek.Ntah knapa rasanya semuanya begitu kacau. Aku jadi ga bisa mengontrol emosiku. Kesal pada atasan, teman kerja dan juga pada seseorang. Dan rasa marah itu akhirnya menyelimuti hatiku. Kecewa, sedih pada diri sendiri yang ga mampu menjaga hati. Hingga aku tidur..rasa itu masih ada.
Pagi ini..dengan malas aku bangun. Males buat berangkat ke kantor...males buat menjalani hari. Astaghfirullah....
Aku merasa menjadi orang munafik. Apalagi saat aku melangkahkan kaki keluar rumah. Dengan segenap daya upaya..aku berusaha menjadi ruri yang manis menyapa semua orang yang dilewatinya. Walo dengan hati yang kacau balau, wajah harus terlihat tersenyum tulus. Hingga...aku bertemu dengan bapak tua penjual kerupuk. Sebenere aku belum pernah ketemu beliau. Keliatannya dia pedagang baru dikomplekku. Tapi karena beliau menatap aku, akhirnya aku sapa beliau dengan senyumku. Dan..beliau membalasnya dengan menawarkan dagangannya. "Kerupuk, mbak..".Karena iba..akhirnya aku sempatkan berhenti untuk membeli dagangannya.Walo hanya 2 bungkus, beliau tampaknya senang.Maklum...perawan yang beli,rek!jadi penglaris lah yaw...hehehe pikirku Ge er. Ketika membayar, aku selipkan senyum dan do'a dalam hati..Ya Allah semoga dagangannya laris. Sambil meneruskan perjalananku..aku berpikir..Bapak itu sudah tua, tapi masih semangat bekerja. Dan keliatannya beliau menikmati pekerjaannya. Mungkin beliau semangat, karena dirumah keluarganya sudah menunggu. Jadi terbayang wajah bapakku deh.Perlahan peasaanku mulai membaik...Trima kasih bapak kerupuk sudah menumbuhkan semangatku. Dan aku langkahkan kaki dengan mantap.
Lalu..pelajaran berikut aku peroleh dari bapak sopir bemo. Mungkin karena hari ini adalah hari sabtu..banyak kantor yang libur. Maka bemo yang aku naiki sepi banget.Karena duduk didepan..aku lihat berkali-kali pak Sopir menarik nafas panjang. Tampak sedih. Dan aku coba untuk mengajaknya ngobrol. "sepi ya,Pak"? tanyaku mengawali pembicaraan. "yah beginilah,mbak..."sambutnya sambil tersenyum. "apa karena ini hari sabtu ya,pak"?Duh...aku bener2 sok tau. "yah..salah satunya,mbak"."tapi sekarang emang sering sepi gini. Soalnya sekarang semua orang lebih milih naik kendaraan sendiri,mbak.Apalagi sekarang gampang banget buat kredit sepeda motor" jawab pak Sopir sambil sedikit curhat."Hehe..tenang aja,Pak.Ga semua orang yang kayak gitu.Masih ada orang yg takut naik kendaraan sendiri,kok.Jadi pasti bakal naik bemo terus.Contohnya saya.."hiburku. Whehehe...tapi emang iya tho??En pak Sopir pun tersenyum.Lalu berceritalah ia tentang setoran perhari yang harus dia bayar. Tentang jumlah bemo yang terlalu banyak..dan bla..bla..bla.Duhh..ga kerasa aku udah nyampe. Sambil membayar aku selipkan do'a diantara senyum en ucapan trimsku untuk beliau. Semoga rejekinya lancar ya,Allah.
Aku semakin berpikir...kenapa aku selalu en selalu mengeluh. Ketika keadaan membuatku merasa ga nyaman..kenapa aku harus marah en patah semangat. Begitu cengengnya aku..!!Padahal pekerjaanku lebih baik dibanding bapak2 yang aku temui tadi.Pekerjaanku bukan pekerjaan yang berat menguras tenaga seperti mereka. Dan semangatku pun pulih lagi. Bismillah...aku masuk kedalam kantor.
Dan bener aja...ternyata semua baik2 aja. Walo kemarin sempet selisih paham dengan atasan, toh beliau tetep menyapaku seperti biasa. Dan temen kerja yang bikin kesel kemarin..juga menelpon en minta maaf. Semua clear en beres. Bahkan sore ini..ketika aku membuka email, ternyata seseorang yang membuatku sebel juga mengirimiku email. Duh...ya Allah aku malu sekali. Sebenernya hidupku indah, tapi aku sendiri yang selalu membuatnya suram. Ampuni aku ya Allah..semoga aku bisa memanfaatkan hidup yang Engkau beri ini. Karena seperti ucapan Putri Indonesia 2007 bahwa hidup ini adalah anugrah dari Tuhan. Dan merupakan perjalanan untuk mencapai hal yang lebih baik lagi. Semoga aku bisa seperti itu...bisa menjadi lebih baik setiap harinya. Baik untuk kehidupan dunia en juga akhiratku...Amin.

No comments: